Trimakasih Atas Kunjungan Anda !!!

Friday 15 April 2016

Memperbaiki Laptop Tidak Bisa Charging

Laptop yang akan kita perbaiki kali ini adalah laptop yang hidup normal namun tidak bisa charging. Indikasinya adalah ( Dalam artikel ini kita ambil contoh Asus A43E ):
1. Bisa hidup normal menggunakan charger,
2. Tidak bisa dihidupkan tanpa charger
3. Saat masuk windows ( dalam contoh ini Windows 8 ) indikator charging normal namun tetap dalam level 0%
4. Baterai normal, bisa di test di laptop lain
Laptop asus tidak bisa charging
Peralatan yang diperlukan pada langkah service ini adalah : Solder, solder uap atau blower, timah, cairan flux, multitester atau avometer dan peralatan pendukung lainnya.
Problem ini disebabkan oleh IC charger yang tiak normal, untuk memastikannya kita perlu ikuti langkah-langkah berikut :
1. Bongkar Laptop kamu dan ambil mainboardnya
Asus A43E mainboard
2. Ambil tombol power ( power button ) untuk memudahkan pengetes-an, kemudian pasang charger, hati-hati agar menaruh mainboard pada tempat yang aman untuk menghindari konslet yang mengakibatkan kerusakan yang lebih buruk.
3. Setelah Charger dipasang, laptop jangan dinyalakan, dan ukur tegangan pada titik positif soket battery ( + ), pada out ic power charger atau mosfet (V.bat), dan pada kaki nomor 17 pada ic charger serta kaki nomor 2. Masing-masing titik tersebut pada kondisi normal harus menunjuk angka kira-kira 19 V.
tegangan battery


Pada gambar diatas ditunjukkan IC charger dengan seri 21740 ( Asus A43E ).
4. Kesimpulannya adalah jika pada titik-titik tersebut tidak ada tegangan, namun pada kaki nomor 2 IC charger ada tegangan kurang lebih 19V, maka IC charger minta ganti, silahkan beli yang baru atau ambil dari laptop lain sebagai penggantinya.
Axioo tidak bisa charging
Untuk cara penggantian ic charger silahkan lihat video dibawah ini.
Peralatan yang kita butuhkan untuk proses service laptop ini adalah Solder uap atau blower, solder biasa, cairan flux, pengangkat ic atau chipset, multitester dan ebberapa perangkat pendukung lainnya seperti timah dll. Demikian contoh cara mengetahui dan memperbaiki laptop yang bisa charging namun pada level 0% saja dan tidak bisa dinyalakan tanpa charger, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Welcome to CB Network

Contoh Login Form Blogspot

Ini demo atau contoh Kotak Login dan Register Form. Login Form di samping ini hanya contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB karena blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya silakan Pencet Sini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!