Trimakasih Atas Kunjungan Anda !!!

Friday 15 April 2016

Memperbaiki Laptop Tidak Bisa ON

Dalam kesempatan ini kita akan membahas tentang cara memperbaiki sebuah laptop tidak bisa ON, dalam artian ketika tombol laptop ditekan maka tidak ada respon sama sekali dari laptop, lampu indikator power hanya menyala sebentar namun mati lagi, hanya beberapa detik saja dan laptop tidak bisa ON. Sebelum kita mulai pembahasan yuk kita definisikan dulu detail kerusakan pada laptop yang akan kita perbaiki dalam artikel ini.
Jenis laptop tidak bisa ON yang kita gunakan sebagai contoh adalah sebuah netbook Axioo. Detail kondisi netbook ini adalah sebagai berikut :
1. Charger normal, ditandai saat charger di colokkan ke netbook maka indikator charger menyala dan terjadi proses pengisian battery secara normal.
2. Laptop pasti masih bisa di charging
3. Jika dinyalakan menggunakan charger saja tanpa battery kondisinya sama, lampu indikator nyala hijau sebentar kemudian berkedip satu kali dan mati (kembali nyala kuning)
4. Menggunakan battery saja tanpa charger kondisinya sama
5. Kondisi memory RAM normal
6. Kondisi Wireless card normal, ditandai saat wireless card dilepas kondisi tetap sama
7. Di clear battery cmosnya tidak bisa mengatasi masalah
Dari data diatas bisa di ambil kesimpulan bahwa kerusakan laptop tidak bisa ON ini terjadi pada motherboard-nya dimana tedapat komponen yang short ke ground, untuk patokan titik ground kita menggunakan bagian pad lubang baut, lihat gambar dibawah.
Ground Laptop Tidak Bisa ON
Posisi komponen ini tidak pada jalur ALW, atau jalur olways ON, maksudnya adalah tidak pada jalur yang sebelum netbook dinyalakan sudah mengandung sumber tegangan. Jadi komponen ini berada pada jalur yang mendapatkan sumber tegangan hanya setelah tombol power dinyalakan, ditandai oleh bisa menyalanya lampu indikator power (warna kuning) saat charger dicolokkan.

Cara menganalisa kerusakan laptop tidak bisa ON yang model karakternya seperti ini adalah dengan memetakkan secara umum jalur yang tidak ada tegangannya sebelum tombol power ditekan yang seharusnya tidak boleh terhubung langsung terhadap ground. Untuk memudahkan silahkan cari titik-titik yang berdekatan dengan induktor utama atau bagian out IC power, jika terdapat jumperan, seperti pada netbook yang kita bahas dalam artikel ini, maka ini titik yang paling tepat untuk cek jalur. Dan dalam contoh ini jumperan dengan kode J8 jika dicek menggunakan multitester terhubung singkat dengan ground, maka komponen yang perlu kita cari adalah yang terhubung langsung dengan J8.
Jumperan Laptop Tidak Bisa ON

Seperti pada umumnya, short biasanya terjadi pada kompone jenis kapasitor, maka cek semua kapasitor yang terhubung langsung dengan J8 menuju ground, lepas satu persatu dan cek kondisi nya menggunakan multitester. Pada netbook axioo seperti yang sedang kita perbaiki ini, usb kanan, lan, vga out dan tombol power berada pada satu board yang dihubungkan dengan mainboard dengan sebuah konektor yang bisa dilepas, maka lepas konektor ini dan setelah kita cek ternyata short circuit pada J8 hilang, ini menunjukkan bahwa terdapat komponen pada board usb kanan yang short menuju ground.
Konektor Laptop Tidak Bisa ON
Maka kita bisa fokus pada board usb kanan, sebelum konektor dilepas silahkan dicari kaki konektor yang terhubung secara langsung dengan J8, karena jalur inilah nantinya yang akan kita telusuri.
kapasitor short pada Laptop Tidak Bisa ON
kapasitor short pada Laptop Tidak Bisa ON
Hasil dari analisa laptop tidak bisa ON dalam contoh ini adalah terdapat sebuah capasitor mikro yang berada di dekat IC card reader yang short, terhubung singkat terhadap ground, sehingga dengan mengganti capasitor masalah bisa teratasi. Jika card reader jarang digunakan silahkan membuatng sja kapasitor ini.

Inilah contoh cara mangatasi laptop tidak bisa ON, dengan contoh nyata pada sebuah Netbook Axioo Pico PJM M1110 10,1" dimana cara ini bisa saja dilakukan untuk mengatasi semua jenis laptop dengan kerusakan yang sama seperti dijelaskan diatas, semoga bisa membantu

1 comment:

Welcome to CB Network

Contoh Login Form Blogspot

Ini demo atau contoh Kotak Login dan Register Form. Login Form di samping ini hanya contoh dan tidak dapat digunakan layaknya Login Form FB karena blog ini terbuka untuk umum tanpa perlu mendaftar menjadi Member

Tutorial Blog

Untuk membuatnya silakan Pencet Sini

Member Login

Lost your password?

Not a member yet? Sign Up!